Jumat, 19 September 2008

Fuld "Si Gorila", Penggembos Lehman


Jumat, 19 September 2008 | 00:27 WIB

Richard Severin Fuld Jr, sering disapa dengan Dick Fuld, CEO Lehman Brothers, merupakan salah seorang yang dianggap bertanggung jawab atas kebangkrutan bank investasi terbesar keempat di Wall Street, New York, AS, itu.

Lahir 26 April 1946 di New York, Fuld dicitrakan selalu berpakaian rapi, tetapi temperamen. Panggilannya, Gorila, mungkin mengacu pada badannya yang tegap dan hobi angkat berat. Nama itu juga cerminan bahwa dia tidak berbicara terlalu banyak.

Dia belajar di sekolah bisnis kelas malam di New York dan memulai karier di Lehman pada 1969. Dia memulai karier sebagai pedagang surat berharga dan selalu bekerja di Lehman. Kariernya menanjak hingga menempati posisi puncak di Lehman. Posisi ini dia dapat sejak Lehman melepaskan diri dari American Express tahun 1994. Fuld saat ini merupakan CEO terlama di Wall Street. Gajinya setahun sekitar 34.300.000 dollar AS. Maret lalu dia menerima bonus 22 juta dollar AS.

Digugat pemegang saham

Ketika krisis subprime mortgage (surat utang untuk pembiayaan perumahan yang keamanannya tidak prima) mulai merebak, Fuld tidak berada di tempat. Dia menyerahkan wewenang kepada bawahan. Namun, dia dianggap mengabaikan peringatan dini mengenai transaksi derivatif soal pemolesan surat-surat utang yang berisiko untuk pembiayaan perumahan senilai 60 miliar dollar AS, yang membuat Lehman tersandung. Dia meremehkan tingkat risiko dan dampaknya terhadap Lehman. Mungkin juga dia terlalu percaya diri.

Karakter pemimpin merupakan hal yang sangat menentukan arah perusahaan. Pendiri JP Morgan, John Pierpont Morgan, mengatakan, karakter pemimpin lebih diutamakan.

Fuld berada di India dan tidak muncul di muka publik untuk memberikan penjelasan mengenai posisi Lehman kepada para investor. Dia mengutus CFO Erin Callan untuk menjelaskan. Ketika para komentator mengkritik Callan, dia malahan menurunkan jabatan Callan.

Dengan tenang Fuld menyatakan, strategi diversifikasi merupakan cara untuk mendukung para nasabah melewati masa- masa sulit sekaligus memperkuat bisnis globalnya.

Pada April 2008, Fuld mengumumkan bahwa bagian badai krisis yang terburuk sudah berlalu. Pada pertemuan tahunan perbankan, dia menyalahkan para investor yang melakukan short selling (taruhan bahwa saham Lehman akan jatuh) sebagai penyebab saham Lehman jatuh menjadi 21 sen dari sekitar 67,73 dollar AS per lembar. Sejak itu dia sulit ditemui.

Pada telekonferensi dengan para investor, pekan lalu, yang seharusnya dia menjelaskan rencana likuidasi aset utama, Fuld malah memfokuskan pembicaraan bagaimana para pegawai di firmanya mengatasi masalah itu dengan baik. Fuld sama sekali tidak membicarakan fakta bahwa para pegawai itu segera akan menjadi penganggur.

Lehman memiliki 24.000 pegawai di AS saja, dengan tingkat perpindahan yang sangat rendah. Para pegawai menyalahkan Fuld atas kerugian sebesar 10 miliar dollar AS.

Mungkin karena merasa nilai aset Lehman tidak diketahui publik, Fuld menolak pertolongan. Kesombongan Fuld itu dianggap menjadi salah satu faktor yang menjerumuskan Lehman. Pada Agustus lalu, Bank Pembangunan Korea hendak membeli Lehman seharga 26 dollar AS per saham, dia menolak dengan alasan terlalu murah.

Masalah perbedaan harga juga menyebabkan pembicaraan dengan CITIC Securities dari China berakhir. Nyatanya, Lehman tidak berdaya dan bangkrut tak lama setelah tawaran Korea itu ditampik. Hari Jumat (12/9), saat harga saham Lehman mencapai salah satu titik terendah, pilihan Fuld tidak banyak lagi, kecuali mengajukan proteksi kebangkrutan.

Para pemegang saham menggugat direksi Lehman, termasuk Fuld. Alasan gugatan, direksi Lehman berbohong soal kinerja keuangan yang membuat sahamnya naik, tetapi ternyata kinerja itu tipuan semata. (REUTERS/AP/AFP/joe)

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Salam pembuka!
Nama saya Dewi Rumapea, saya dari kota SEMARANG, Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan semua dalam kelompok ini mencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. beberapa bulan yang lalu, aku finansial turun dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di Malaysia dan saya tertipu oleh orang di Malaysia. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal dan asli disebut Ibu Glory, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp500,000,000 tanpa stres pada tingkat bunga 2% yang merupakan terjangkau tingkat bunga untuk saya.

setelah transfer kredit saya ke rekening bank saya, saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah mentransfer langsung ke rekening saya dengan Ibu Glory tanpa penundaan. Karena saya berjanji ibu bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Glory melalui email:gloryloanfirm@gmail.com

Saya menggunakan waktu ini untuk menginformasikan semua yang anda juga dapat menghubungi saya di email saya: dewiputeri9@gmail.com dan Nur Izzatul Azira Ismail, dari Malaysia yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Ibu Glory, Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Glory, Anda dapat juga menghubungi dia melalui email:utariwirmayaty@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Catatan: Tidak ada biaya pendaftaran, asuransi atau biaya pajak

saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT untuk menggunakan Ibu Glory mengubah cerita keuangan saya dan sekarang saya seorang pemilik bangga bisnis saya sendiri, semoga Allah terus memberkati Ibu Glory dan terus menggunakan nya untuk membantu kita semua dalam kesulitan keuangan

AMISHA mengatakan...


Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

Sepatah kata cukup untuk orang bijak.